PT. XL AXIATA. Tbk atau disingkat
XL digolongkan sebagai jenis perusahaan jasa karena menurut konsepnya XL adalah
perusahaan telekomunikasi seluler. XL termasuk perusahaan jasa karena
perusahaan ini untuk melayani keluhan dan pertanyaan para konsumen pengguna
kartu pra-bayar dan pasca-bayar dengan berbagai paket yang sudah disediakan.
Bentuk perusahaan dilihat dari sisi
yuridis ekonomi XL adalah Perseroan Terbatas (PT) karena XL mempunyai kekayaan,
hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari pemilik. Pemilik PT adalah para
pemegang saham, dan tanggung jawab terhadap pihak ketiga hanya terbatas sebesar
modal sahamnya.
Sebelum
membahas sumber modal XL ada baiknya mengetahui pengertian modal, Modal adalah
segala sesutu yang yang diberikan dan dialokasikan kedalam suatu usaha atau
badan yang gunanya pondasi untuk menjalankan apa akan dijalankan. Sumber modal
bisa didapatkan dari modal intern (dari dalam perusahaan) dan modal ekstern
(dari luar perusahaan).
Sumber
modal XL berasal dari para pemegang saham. Ada dari Axiata Investments
(Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd) dan ada juga dari publik.
Saham terbesar dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu
Indocel Holding Sdn Bhd) sebesar 66,485% atau 5.674.125.290 saham dan dari publik sebesar 33,515 % atau 2.860.365.377 saham. Ini adalah
data per 31 September 2012 yang mungkin sudah berbeda tahun ini.
Evaluasi keberhasilan perusahaan XL dilihat
dari sisi karyawan yaitu dapat dilihat dari sumber daya manusia yang sudah
professional di bidangnya. Serta teknologi yang digunakan XL sangat canggih dan
modern sehingga konsumen yang memakai provider ini pun tidak kecewa .
Efisiensi
perusahaan XL tidak hanya memperkerjakan para tenaga ahli, XL pun melakukan
evaluasi dari setiap posisi yang ada untuk mencapai keberhasilan bersama. Untuk
efisiensi lebih lanjut XL selalu terbuka dalam
kerja sama dalam segala hal untuk peluncuran lebih cepat dan efisiensi
biaya.
Efektivitas perusahaan XL dalam hal
manajemen aktiva lancar dan tetap sangat baik, hal in dapat terlihat karena
perusahaan XL mampu menghasilkan laba yang maksimal. Perusahaan XL ingin terus
memantau, memperbaharui dan meningkatkan efektifitas dari semua produk yang
dimiliki.
Produktivitas perusahaan XL saat
ini sudah cukup baik, karena itu XL akan terus berkomitmen meningkatkan
kualitas para tenaga kerjanya agar para pengguna kartu XL mendapatkan pelayanan
terbaik dan akan terus menyediakan teknologi terdepan untuk telekomunikasi
indonesia.
Peranan XL di pasar persaingan
sempurna, pasar oligopoli adalah suatu pasar di mana hanya terdapat sedikit
penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
a) hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar .
b) barang yang dihasilkan atau dijual bersifat sama .
c) sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya tinggi
d) timbulnya pasar oligopoli ini disebabkan proses produksi menuntut dipergunakannya teknologi modern yang mendorong ke arah produksi secara besar-besaran sehingga persaingan melalui iklan sangat kuat. .
berdasarkan ciri-ciri pasar yang diatas bisa digolongkan PT. XL AXIATA.Tbk berada di peranan di pasar oligopoli.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
a) hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar .
b) barang yang dihasilkan atau dijual bersifat sama .
c) sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya tinggi
d) timbulnya pasar oligopoli ini disebabkan proses produksi menuntut dipergunakannya teknologi modern yang mendorong ke arah produksi secara besar-besaran sehingga persaingan melalui iklan sangat kuat. .
berdasarkan ciri-ciri pasar yang diatas bisa digolongkan PT. XL AXIATA.Tbk berada di peranan di pasar oligopoli.
source:
Interesting Article.
BalasHapusNext Visit Our Website