Analisis Koperasi Astra

by 23.33 1 komentar

Pertama-tama menganalisis tentang koperasi . Koperasi astra digolongkan sebagai badan usaha, karena  koperasi astra bertujuan untuk mencari keuntungan / laba yang bermanfaat bagi anggota-anggotanya. ini sesuai dengan pengertian badan usaha adalah merupakan kesatuan yuridis dan ekonomis atau kesatuan organisasi yang terdiri dari faktor-faktor produksi yang bertujuan mencari keuntungan.
Sama dengan koperasi yang ada koperasi astra mempunyai tujuan dan nilai koperasi seperti memaksimumkan keuntungan, memaksimumkan nilai perusahaan dan memiminimumkan biaya ini terlihat dari beberapa produk yang ditawarkan di koperasi ini .
Koperasi astra  juga mempunyai tujuan perusahaan koperasi karena dasarnya ingin meningkatkan kesejahteraan anggota dan karyawan, serta memberikan nilai tambah bagi perusahaan di lingkungan kelompok astra, dengan berlandaskan azas QCD.
Teori laba inovasi merupakan teori laba yang digunakan oleh koperasi astra karena  dalam teori inovasi, laba yang diatas normal dapat timbul sebagai hasil inovasi yang berhasil. Walau demikian, perusahaan yang telah berhasil dalam inovasi tidaklah kebal dari serangan persaingan dari perusahaan-perusahaan imitator. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan inovasi terus-menerus ini dilihat dari banyaknya produk yang ditawarkan kepada anggotanya .
Anggota dari koperasi ini diperuntukkan bagi seluruh karyawan tetap Astra group yang sudah menjadi anggota KAI. kegiatan usaha yang ada di koperasi astra misalnya griya perdana, peduli bencana, pendidikan, renovasi rumah dan masih banyak lagi. Kegiatan ini sangat membantu kepada anggota koperasi astra.
Untuk permodalan dari koperasi astra berasal dari modal sendiri dan modal pinjaman . yang termasuk kedalam modal sendiri yakni Simpanan pokok anggota Simpanan wajib Dana cadangan . sedangkan yang berasal dari pinjaman luar yaitu      Anggota yaitu pinjaman dari anggota ataupun calon anggota koperasi yang bersangkutan.    Bank dan lembaga keuangan  Sumber lain yang sah.
Lalu menjelaskan tentang SHU . menurut UU No.25/1992, tentang perkoperasian, Bab IX, pasal 45, SHU adalah setelah dikurangi dana cadangan, dibagikan kepada anggota sebanding jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota dengan koperasi, serta digunakan untuk keperluan pendidikan perkoperasian dan keperluan koperasi, sesuai dengan keputusan rapat anggota. system SHU ini dibagikan kepada seluruh anggota koperasi dan digunakan untuk keperluan  lain.
Rumus pembagian SHU ini berdasarkan UU no. 25/1992  yaitu :

SHU = JUA + JMA, dimana
SHU = Va/Vuk . JUA + Sa/Tms . JMA
Dengan keterangan sebagai berikut :
SHU : sisa hasil usaha
JUA : jasa usaha anggota
JMA : jasa modal sendiri
Tms : total modal sendiri
Va : volume anggota
Vak : volume usaha total kepuasan
Sa : jumlah simpanan anggota

Prinsip-prinsip pembagian SHU ini sebagai berikut SHU ini bersumber dari anggota dan cara pembagiannya secara transparan dan tunai .
Sebelum menganalisis pola manajemen koperasi ada baiknya kita mengetahui manajemen dan koperasi itu apa Manajemen adalah suatu proses tertentu yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan  untuk mencapai tujuan. Koperasi merupakan suatu badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan berlandaskan asas koperasi yakni kekeluargaan dan bertujuan untuk mensejahterakan anggota. Sedangkan manajemen koperasi adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan.
Koperasi astra juga memiliki manajemen koperasI karena anggotanya berasal dari karyawan astra.konsep koperasi minimal terdiri dari 3 hal yaitu rapat anggota, pengurus dan pengawas . dan koperasi astra ini mempunyai struktur organisasi yang sama dengan konsep koperasi .


sumber :
http://www.koperasi-astra.com/profil.asp
http://www.koperasi-astra.com/program.asp
http://www.koperasi-astra.com/keanggotaan.asp
http://kopindo.co.id/organisasi-dan-manajemen/
http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9895/BAB+5.+SHU.ppt

merriendautami

Akuntan

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yg mementingkan diri sendiri

1 komentar:

  1. permisi mau tanya, koperasi astra itu termasuk jenis koperasi jasa bukan ya? mohon dijawab ya makasih :)

    BalasHapus