PT. XL AXIATA. Tbk

by 03.39 1 komentar



PT. XL AXIATA. Tbk atau disingkat XL digolongkan sebagai jenis perusahaan jasa karena menurut konsepnya XL adalah perusahaan telekomunikasi seluler. XL termasuk perusahaan jasa karena perusahaan ini untuk melayani keluhan dan pertanyaan para konsumen pengguna kartu pra-bayar dan pasca-bayar dengan berbagai paket yang sudah disediakan.

Bentuk perusahaan dilihat dari sisi yuridis ekonomi XL adalah Perseroan Terbatas (PT) karena XL mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari pemilik. Pemilik PT adalah para pemegang saham, dan tanggung jawab terhadap pihak ketiga hanya terbatas sebesar modal sahamnya.

Sebelum membahas sumber modal XL ada baiknya mengetahui pengertian modal, Modal adalah segala sesutu yang yang diberikan dan dialokasikan kedalam suatu usaha atau badan yang gunanya pondasi untuk menjalankan apa akan dijalankan. Sumber modal bisa didapatkan dari modal intern (dari dalam perusahaan) dan modal ekstern (dari luar perusahaan). 

Sumber modal XL berasal dari para pemegang saham. Ada dari Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd) dan ada juga dari publik. Saham terbesar dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (dahulu Indocel Holding Sdn Bhd) sebesar 66,485% atau 5.674.125.290 saham dan dari publik sebesar 33,515 % atau 2.860.365.377 saham. Ini adalah data per 31 September 2012 yang mungkin sudah berbeda tahun ini.

Evaluasi keberhasilan perusahaan XL dilihat dari sisi karyawan yaitu dapat dilihat dari sumber daya manusia yang sudah professional di bidangnya. Serta teknologi yang digunakan XL sangat canggih dan modern sehingga konsumen yang memakai provider ini pun tidak kecewa .

Efisiensi perusahaan XL tidak hanya memperkerjakan para tenaga ahli, XL pun melakukan evaluasi dari setiap posisi yang ada untuk mencapai keberhasilan bersama. Untuk efisiensi lebih lanjut XL selalu terbuka dalam  kerja sama dalam segala hal untuk peluncuran lebih cepat dan efisiensi biaya.
             
Efektivitas perusahaan XL dalam hal manajemen aktiva lancar dan tetap sangat baik, hal in dapat terlihat karena perusahaan XL mampu menghasilkan laba yang maksimal. Perusahaan XL ingin terus memantau, memperbaharui dan meningkatkan efektifitas dari semua produk yang dimiliki.

Produktivitas perusahaan XL saat ini sudah cukup baik, karena itu XL akan terus berkomitmen meningkatkan kualitas para tenaga kerjanya agar para pengguna kartu XL mendapatkan pelayanan terbaik dan akan terus menyediakan teknologi terdepan untuk telekomunikasi indonesia.

Peranan XL di pasar persaingan sempurna, pasar oligopoli adalah suatu pasar di mana hanya terdapat sedikit penjual yang saling bersaing dengan jumlah pembeli yang banyak.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
a)    hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar .
b)    barang yang dihasilkan atau dijual bersifat sama .
c)    sulit untuk masuk ke pasar karena investasinya tinggi
d)    timbulnya pasar oligopoli ini disebabkan proses produksi menuntut dipergunakannya teknologi modern yang mendorong ke arah produksi secara besar-besaran sehingga persaingan melalui iklan sangat kuat. .
berdasarkan ciri-ciri pasar yang diatas bisa digolongkan PT. XL AXIATA.Tbk berada di peranan di pasar oligopoli.

source: 


merriendautami

Akuntan

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yg mementingkan diri sendiri

1 komentar: